Breaking News

Dinkes Kerinci Gencar Gelar Gerakan Aksi Cegah Stunting

Suarakerinci.id, KERINCI- Dinas Kesehatan Kerinci serius dalam mengantisipasi stunting di Kerinci, salah satunya dengan gencar menyerukan dan melaksanakan kegiatan aksi cegah stunting bersama kader kesehatan di Kerinci.

Program Gerakan Aksi Cegah Stunting dilaksanakan berbentuk pertemuan bersama kader Kesehatan kesehatan.

Selain kader kesehatan yang terus di pacu dalam hal mensosialisasikan pencegahan stunting dengan penerapan pola hidup sehat sejak dini, pihak dinkes Kerinci juga melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal mengatakan Program Germas merupakan gerakan dalam upaya menekan jumlah penderita penyakit di Kabupaten Kerinci terutama Stunting. Salah satu langkahnya yakni dengan peningkatan pelaksanaan edukasi hidup sehat kepada masyarakat yang dilaksanakan kader Kesehatan baik ditingkat lingkungan masyarakat hingga sekolah.

"Selain edukasi hidup sehat, langkah lain yang gencar dilaksanakan Dinkes Kerinci yakni memberikan edukasi tentang peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat dan sebagainya,"sebutnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Dinkes Kerinci, Hj Lily Aznimar menjelaskan Gerakan aksi cegah stunting yang dilaksanakan bettujuan untuk mempersiapkan generasi sehat posyandu menjadi garda terdepan mrmbangun kesehatan anak. 

"Kegiatan ini sekaligus memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan bagi kader posyandu, sehingga bisa diaplikasikan dilapangan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.

Kegiatan dalam bentuk pertemuan Gerakan Aksi Cegah Stunting, lanjutnya telah seringkali dilaksanakan pihaknya. Baru baru ini pada Kamis (30/11) bertempat di Kemantan Tinggi, pihaknya menggelar pertemuan gerakan cegah stunting yang dihadiri ratusan kader kesehatan

"Pada pertemuan tersebut hadir 500 orang peserta, dengan penanggung jawab Promkes Puskesmas, staf Promkes dan dinas kesehatan serta 400 kader kesehatan,"sebutnya.

"Harapan kita dengan kegiatan ini bisa memberikan dampak dalam pencegahan stunting di Kerinci, serta pelayanan kesehatan masyarakat jadi maksimal,"harapnya.(qhy)