Breaking News

Antisipasi Resiko Pencemaran Lingkungan Terhadap Air Minum, Perdana Dinkes Kerinci Gelar SKAMRT

Suarakerinci.id, KERINCI- Dalam upaya mengantisipasi dampak buruk atau resiko pencemaran lingkungan terhadap sarana air minum, Perdana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kerinci menggelar Surveilens Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT).

Pelaksanaan SKAMRT sendiri dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat resiko pencemaran lingkungan terhadap sarana air minum.

Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal mengatakan untuk pertama kalinya di tahun 2023 ini ada program SKAMRT yang dilaksanakan bidang Kesmas. 

"Kegiatan ini sebagai salah satu langkah dalam upaya mengantisipasi dampak buruk dari pencemaran lingkungan terhadap kesehatan masyarakat, terutama dalam hal air minum,"singkatnya

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, H Lily Aznimar mengatakan selain untuk mengetahui resiko pencemaran lingkungan terhadap sarana air minum masyarakat, SKAMRT juga bertujuan untuk mengukur kualitas air minum rumah tangga.

"Dengan pelaksanaan SKAMRT kita bisa mengetahui kandungan kimia dan mikrobiologis air minum yang didistribusikan ke masyarakat,"ungkapnya.
Hal yang senada juga Disampaikan Koordinator Pelaksanaan Kegiatan SKAMRT, Sari Haryanis. Dia menjelaskan subjek kegiatan SKAMRT yang dilaksanakan pada tahun 2023 ini di 15 puskesmas dengan rincian 1 Puskesmas 15 Rumah tangga yang dijadikan sampel.

"Tujuan utama kegiatan ini sendiri adalah untuk menjamin kualitas air minum masayarakat, sehingga bisa dikonsumsi dengan aman,"sebutnya.(qhy)