Breaking News

Progres pembangunan Fisik PLTA Capai 75 Persen, 2025 Proyek PLTA Ditargetkan Rampung

Suarakerinci.id, KERINCI- Pelaksanaan  Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Merangin, Provinsi Jambi berkapasitas 350 megawatt (MW) terus di kebut. Pelaksanaan pembangunan megaproyek yang sempat terbengkalai lebih 15 tahun tersebut ditargerkan rampung 2025 mendatang.

Manager PLTA Aslori Ilham membenarkan saat ini proses pembangunan proyek PLTA yang bakal menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan Listrik di Kerinci dan daerah sekitarnya terus dilaksanakan dan ditargetkan selesai 2025 mendatang. 

"Sebagian fasilitas pembangkit listrik, khususnya terowongan air PLTA tersebut kini sudah mulai dikerjakan oleh pihak PT BUKAKA Teknik Utama,"ungkapnya.

Selain terowongan air, lanjutnya saat ini proses pembangunan berbagai fasilitas, seperti pembangunan jalan menuju pusat PLTA juga terus dilaksanakan.  

"Secara fisik pembangunan progresnya sudah mencapai 75 persen, jika dilihat dari kondisi saat ini 2025, PLTA sudah bisa dimanfaatkan bagi masyarakat,"sebutnya

Dijelaskan, pembangunan PLTA Batang Merangin sempat tertunda belasan tahun karena pihak kontraktor hanya merancang kapasitas PLTA sekitar 150 MW. Namun setelah pihak PT PLN melakukan survei, ternyata PLTA Batang Merangin bisa menghasilkan daya listrik 350 MW.

"Jika PLTA Batang Merangin selesai dan menghasilkan daya listrik 350 MW, PLTA tersebut bakal bisa memasok listrik ke 11 kabupaten/kota di Jambi. Bahkan PLTA Batang Merangin akan bisa memasok listrik ke beberapa daerah di Sumatera seperti Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, dan Bengkulu," jelasnya.(qhy)