Breaking News

Badan Kesbangpol Kerinci Gelar Sosialisasi Nilai Luhur Pancasila Terhadap Pemuda Dalam Pengaplikasian ditengah Masyarakat

Suarakerinci.id, KERINCI- Dalam usaha menambah wawasan dari pemuda di Kabupaten Kerinci, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kerinci, Senin (12/12) menggelar sosialisasi nilai-nilai luhur Pancasila terhadap pemuda dalam pengaplikasian ditengah masyarakat.

Acara sosialisasi yang bertempat di Aula Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kerinci dibuka langsing Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kerinviz Redi Asri, SH. MH.

Letkol Andi Irawan, SH yang menjabat Dandim 0417 Kerinci dan Dr Jafar Ahmad S.Ag, M.Si yang menjabat wakil rektor IAIN Kerinci njadi Narasumber dari kegiatan sosialisasi tersebut, dengan dihadiri Siswa dari urusan Parlemen  Remaja dan Mahasiswa lingkup Kabupaten Kerinci yang berjumlah 70 org peserta. 

Kepala Badan Kesbangpol Kerinci, Redi Asri, SH.MH menjelaskan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk lebih menekankan pemahaman akan Pancasila kepada generasi Muda Indonesia umumnya dan Kerinci khususnya.

"Nilai-nilai luhur pancasila merupakan pedoman kita sebagai rakyat Indonesia. Ini harus kita ajarkan kepada generasi muda, agar nilai luhur pancasila tidak terkikis oleh zaman globalisasi teknologi yang makin mengancam kita,"ungkapnya.

"Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini para peserta yakni para pemuda Kerinci bisa menanamkan nilai luhur pancasila dan terus melestarikan serta mengaplikasikannya ditengah masyarakat,"harapnya.

Dandim 0417 Kerinci, Letkol Andi Irawan, SH pada kesempatan tersebut menyampaikan  Nilai-Nilai Luhur Pancasila yang mencakup wasasan Kebangsaan perlu ditanamkan bagi seluruh generasi penerus bangsa. 

"Cara pandang kita harus berlandaskan Pancasila secara utuh tanpa melihat perbedaan yang ada,"ungkapnya.

Dampak dari memudarnya Wawasan Kebangsaan adalah kehilangan jati diri bangsa, ancaman disintegrasi.

"Serta melemahnya daya saing yang membuat tujuan Dandim cita2 bangsa susah untuk diwujudkan,"sebutnya.

Sementara penyampaian dari Bapak Dr. Ahmad Jafar, SH, MH lebih menekankan menciptakan generasi penerus yang bisa menjawab tantangan zaman dimana pemuda harus bisa bersaing untuk menciptakan generasi yang berhasil.

"Pemuda bisa menjadi pemuda yang berdaya guna yang bisa bersaing sesuai dengan perkembangan zaman saat ini ya itu generasi milenial,"tegasnya.(qhy)