Breaking News

Hujan Lahar Dingin Aliri Sungai Di Kayu Aro, Masyarakat Disekitar Sungai Diminta Waspada

Suarakerinci.id, KERINCI- Masyarakat Kayu Aro (10/12) geger, dengan turunnya lahar dingin yang mengalir dibeberapa sunvai di Kayu Aro.

Aliran lahar dingin tersebut mrmasuki sungai sekitar pukul 12.00 wib, sehingga cukup membuat masyarakat Kayu Aro resah.

Hal ini diperkuat dengan adanya informasi yang beredar dari BMKG Kerinci dimana terekam getaran hujan/lahar hujan dengan amplitudo maksimal 12 mm terjadi pukul 12.00 Wib dan masih berlangsung.

"Dihimbau kepada masyarakat yang bermukim disekitar sungai yg berhulu dari gunung kerinci untuk meningkatkan kewaspadaan," tulis Kepala BMKG Kerinci, Nia Kurnia Nengsih.

Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Dudung membenarkan adanya lahar dingin yang berasal dari Gunung Kerinci mulai aliri beberapa sungai diwilayah kaki Gunung Kerinci Kayu Aro. "Memang benar, terpantau dilapangan hujan lahar dingin, dan saat ini sedang berlangsung,"katanya.

Dengan kejadian ini, ia menghimbau kepada masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai tetap waspada, karena curah hujan di daerah Gunung Kerinci sangat tinggi. "Bila perlu untuk sementara menghindar dari daerah sungai," tegasnya.(qhy)