Breaking News

Waspada, Tiga Akun Facebook Petinggi BKPSDM Kerinci Dibajak dan Dipalsukan

Suarakerinci.id, KERINCI- Dalam beberapa waktu belakangan ini, Pemerintah Kabupaten Kerinci hingga masyarakat Kerinci heboh, akan pembajakan sekaligus pemalsuan akun Facebook oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan tiga Pejabat BKPSDM Kerinci.

Ketiga akun facebook palsu tersebut mengatasnamakan Efra Wadi Kepala BKPSDM Kerinci, Hadismanto Kabid Pendataan Pengembangan Karir dan Penilaian Kinerja dan Affan Kabid Pengadaan pengangkatan Mutasi dan Pensiun BPKSDM Kerinci.

Oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut sengaja meretas dan memalsukan akun FB ketiga pejabat tersebut dengan tujuan untuk memanfaatkannya menipu sejumlah masyarakat, hingga para pejabat Kabupaten Kerinci.

Dalam melakukan aksinya, oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut mengirimkan pesan massangger ke sejumlah masyarakat hingga pejabat, dengan motif yang berbeda, mulai dari niat meminjam uang hingga menyampaikan setoran untuk memegang jabatan.

Akun FB yang pertama yang di bajak adalah akun FB milim Hadis Manto Kabid P2KPK BKPSDM Kerinci. Oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut mengirimkan massangger kesejumlah masyarakat hingga para pejabat Kerinci dengan menyampaikan akan melaksanakan mutasi dan siap untuk mengurus jabatan dari pejabat, tentunya dengan membayar sejumlah uang.

"Ya, Akun FB saya sempat di bobol. Saya tahu setelah membaca Massangger tertulis saya meminta sejumlah uang jika ingin dilantik jadi pejabat dan Kepala sekolah,"ungkapnya.

Setelah nama Hadis Manto, nama pejabat BKPSDM Kerinci lainnya yang dicatut akun FB nya yakni Kepala BKPSDM Kerinci. Sekilas tidak ada yang salah dengan akun FB tersebut, namun setelah membaca sejumlah massangger yang dikirimkan oleh akun FB tersebut juga mengirimkan kesediaan untuk mengurus kursi jabatan dengan tentunya memberikan sejumlah dana.

Baru-baru ini, nama Kabid Pengadaan pengangkatan Mutasi dan Pensiun BPKSDM Kerinci, Affan membenarkan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab memalsukan akun Facebook dengan mengataskan namanya.

"Ya, bagi masyarakat maupun pejabat pemkab Kerinci yang mendapat massangger dari akun tersebut, apalagi dengan meminta uang itu bukan saya. Kita di BKPSDM melayani tanpa adanya pungutan,"katanya.(per)