Breaking News

Sejumlah SDN di Kerinci Kesulitan Dapatkan Siswa Baru

Suarakerinci.id, KERINCI- Di masa tahun ajaran baru, Sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) dalam Kabupaten Kerinci mengeluhkan akan sulitnya mendapatkan siswa baru.

Berbagai uapaya dilakukan pihak sekolah untuk menarik perhatian calon siswa agar bisa bersekolah di SDNnya, namun usaha tersebut terbilang sia-sia. Bahkan tidak sedikit SDN dalam Kabupaten Kerinci yang hanya mendapatkan beberapa orang siswa saja.

"Kondisi saat ni sangat berbeda, susah cari siswa baru. Kita sudah beruapaya sekuat mungkin, bahkan mendatangi rumah calon siswa untuk membujuknya sekolah di SDN kami, namun hasilnya nihil,"ungkap Suryadi salah Kepala Sekolah di Kerinci.

Selain mengajak langsung, lanjutnya pihak sekolah juga sudah mencoba berbagai kebijakan dengan membantu pembelian baju dan buku bagi siswa, namun tetap saja usaha itu tidak berhasil.

"Jika begini ceritanya bisa jadi SDN di Kerinci bakal banyak yang tutup,"katanyaa.

Dijelaskannya, kondisi ini sudah dialami sejumlah SDN di Kabupaten Kerinci. Ini menjadi keluhan bagi semua pihak sekolah, kondisi ini terjadi dikarenakan banyaknya orang tua murid yang lebih memilih sekolah swasta ketimbang SDN yang justru gratis.

"Entah karena gengsi atau apa, kalau soal kurikulum sama saja. Hanya bedanya jam belajar siswa di sekolah swasta di tambah. Sayang saja orang tua murid tidak menyadairi itu,"jelasnya.(qhy)