Breaking News

Karya Bakti Kodim 0417 Digelar, Tiga Bandar di Desa Telaga Biru Dinormalisasi

Suarakerinci.id, KERINCI- Untuk kesekian kalinya, pada tahun ini Kodim 0417 Kerinci kembali melaksanakan Karya Bakti, Selasa (30/5) Karya Bakti mulai dilaksanakan. Kegiatan Karya Bakti dibuka langsung Sekda Kerinci, Zainal Efendi.

Ketua Panitia Maya Novefry dalam sambutannya mengatakan Karya bakti merupakan sebuah bentuk solidaritas dalam mempererat antar TNI, serta pembinaan sekaligus memperkokoh kerjasama TNI, Pemerintah dan masyarakat.

"Kegiatan Karya Bakti sebagai salah satu kepedulian TNI dan Pemerintah kepada masyarakat dan lingkungan,"ungkapnya.

Kegiatan Karya Bakti kali ini dilaksanakan dalam bentuk pelaksanaan Normalisasi sungai Bandar Sedap, Jambu Alo dan Bandar Gedang.

"Normalisasi dilaksanakan dengan panjanv lokasi normalisasi sepanjang 2800 meter dan pengerasan jalan Inpeksi  sepanjang irigasi 160 Meter,"ungkapnya

"Karya bakti dilaksanakan selama 60 masa kalender dari tnaggal 20 Mei hingga 20 Juli 2023. Kegiatan ini menggunakan anggaran APBD dengan jumlah Rp 800 juta,"terangnya

Kades Talaga Biru, Zarmoni mengucapkan terimakasih telah mengalokasi kegiatan Karya Bakti di desa Telaga Biru dalam bentuk kegiatan normalisasi dan memperbaikan aliran air.

"Karena selama ini setiap hujan air sering menggenangi rumah, sawah hingga jalan di Telaga Biru, mukai seberang dan sekitarnya,"imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan karya bakti bisa mengatasi debit air yang melebihi sehingga tidak bisa ditampung sungai dan drainase, hingga meluap dan mejgakibatkan banjir.

"Kami juga mengajukan permohinan agar drainase dipinggir jalan nasional di perbaiki, kira minta pemkab kerinci bisa menyampaikan ke Pemerintah pusat,"pintanya. 

Dandim 0417 Kerinci, Letkol Inf Andy Irawan dalam sambutannya Karya bakti merupakan program tahunan, dimana angkatan darat sudah intruksi dari pusat membantu pemerintah daerah dalam rangka meringankan beban serta persoalan dimasyarakat.

"Syarat-syarat dilaksanakan merupakan hasil rundingan dan tinjauan lapangan mempertimbangkan standar prioritas, kiranya apa yang kami kerjakan bisa diterima baik oleh masyarakat. Kita berharap dukungan masyarakat,"ungkapnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada Pemkab Kerinci terutama Dinas PUPR sudah membantu dan bekerja sama dengan Kodim 0417 Kerinci.

"Kami selaku angkatan darat maupu  Kodim 0417 Kerinci akan selalu ada untuk masyarakat,"katanya.

Sekda Kerinci, Zainal Efendi menjelaskan pemkab Kerinci menyambut baik kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan Kodim 0417 Kerinci, terutama dalam hal normalisasi ketiga bandar tersebut.

"Kita berharap tidak ada lagi banjir akibat dari meluapnya air bandar tersebut,"katanya.

Dirinya berharap apa yang dikerjakan di Karya Bakti bisa bermanfaat, kepada masyarakat bisa menjaga lingkungan sekaligus membantu mengatasi masalah banjir.

"Kita berharap partisipasi dari masyarakat, kita juga berharap masyarakat juga bisa menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya jangan buang ke sungai agar tidak menimbulkan banjir,"terangnya.(qhy)