Breaking News

Bupati Buka Seminar Penelitian dan FGB Sektor Pariwisata dan Peningkatan PAD

Suarakerinci.id, KERINCI- Bupati Kerinci, H Adirozal, Senin (29/5) membuka seminar awal penelitian dan Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan yang bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terhadap sektor pariwisata dan kajian peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kerinci, diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Kerinci bertempat di Aula Bappeda Kerinci di Bukit Tengah.

Seminar ini dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Universitas Andalas Prof. Dr. Nuzirwan Efendi, M.Si bersama para akademisi Universitas Andalas, ahli pariwisata, pemangku kepentingan terkait, serta para kepala OPD, Camat dan Kepala Desa perwakilan dari masyarakat setempat

Bupati Adirozal dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kerinci merupakan daerah utama tujuan Pariwisata atau Branding Wisata Provinsi Jambi, oleh sebab itu sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan yang dapat dikembangkan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kerinci, karena didukung oleh berbagai potensi baik Wisata Budaya, Relegius maupun wisata alam. 

"Pemerintah Daerah terus berupaya  meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana objek wisata yang ada serta memperluas jaringan informasi dan promosi Pariwisata," katanya. 

Saat ini, lanjutnya potensi sektor pariwisata kabupaten kerinci belum berjalan secara optimal untuk dapat mengerakan ekonomi Kabupaten Kerinci dan perekonomian masyarakat. 

"Mudah - mudahan dengan adanya kerjasama penelitian ini, besar harapan mendapat masukan dan saran yang bisa kami terapkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti pendapatan, peluang usaha, kesempatan kerja dan mengurangi angka pengangguran atau mengurangi kemiskinan dari sektor yang terkait dengan Kepariwisataan," sebutnya. 

Dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. Nuzirwan Efendi, M.Si mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, semoga dari hasil penelitian dan FGD ini diharapkan akan memberikan win win satisfaction dengan wawasan yang lebih baik mengenai potensi pariwisata Kabupaten Kerinci serta memberikan dasar yang kuat untuk merumuskan kebijakan dan program yang tepat guna dalam meningkatkan PAD.

"Saat ini pentingnya sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat Kerinci," katanya. 

Selain itu, FGD juga dilakukan sebagai bagian dari proses pengumpulan data dan pemahaman yang lebih dalam terkait sektor pariwisata Kabupaten Kerinci. Diskusi ini akan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk pelaku usaha, perwakilan komunitas adat, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat. Tujuan utama dari FGD ini adalah untuk mendapatkan masukan dan perspektif yang luas dari berbagai pihak guna merumuskan strategi yang holistik dan berkelanjutan dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Seminar awal penelitian dan FGD ini diharapkan menjadi titik awal yang berarti dalam upaya Kabupaten Kerinci untuk mengoptimalkan sektor pariwisata sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi daerah.