Breaking News

Tidak Dikelola dengan Baik, Sejumlah BUMDES di Kerinci Dinilai Mubazir

Suarakerinci.id, KERINCI- Hingga saat ini mayoritas desa dalam Kabupaten Kerinci telah mengalokasikan Dana BUMDESnya, namun sayangnya sejumlah BUMDES yang telah dibangun dengan menggunakan Dana Desa justru tidak memberikan azas manfaat dan berakhir mubazir.

Informasi yang diterima ada sejumlah desa yang memanfaatkan dana BUMDES untuk pmbangunan lokasi wisata, kuliner, peternakan hingga toko. Namun, karena tidak baiknya perencana BUMDES tersebut justru fakum dan tidak berfungsi.

Pantauan suarakerinci.id, hanya beberapa BUMDES yang masih terbilang aktif sampai saat ini, untuk sektor wisata lokal, hanya nama BUMDES Taman Wisata Pentagen dan BUMDES Taman Bambu Desa Baru Semerah yang diketahui saat ini.

Sementara untuk sektor lainnya, seperti peternakan, perdagangan dengan menggunaan dana BUMDES untuk pengelolaan Toko, hingga tempat kuliner seperti Cafe nyaris tidak terdengar sekali perkembangannya.

"Kita sangat terkejut, sebagian besar desa sudah mengalokasikan Dana BUMDESnya, tapi tidak berfungsi dengan baik, padahal keberadaan BUMDES sebagai penunjang pendapatan desa. Kalau cuma untuk SPJ saja mending tidak usah BUMDES,"ungkap Reki warga kerinci.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kabupaten Kerinci, Sahril Hayadi membenarkan belum maksimalnya pengelolaan BUMDES di Kabupaten Kerinci.

"Ada beberapa BUMDES yang telah berkembang, namun masih banyak yang tidak dikelola dengan baik. Makanya kita terus melakukan pembinaan terhadap Pemdes hingga pengurus BUMDESnya,"jelasnya.(qhy)