Breaking News

Pelantikan Wisuda IAIN ke 5 Berlangsung Sukses, Rektor Berpesan Lulusan IAIN Kerinci Wajib Moderat dan Siap Hadapi Disrupsi

Suarakerinci.id, KERINCI- IAIN Kabupaten Kerinci, Kami (25/11) menggelar Pelantikan Wisuda ke 5 untuk 738 orang Mahasiswa IAIN Kerinci. Secara umum wisuda dilaksanakan secara daring, guna mematuhi protokol kesehatan. Hanya 14 orang mahasiswa sebagai perwakilan yang mengikuti prosesi wisuda bertempat dihalaman Rektorat Kampus Utama Sungai Liuk.

Pelantikan wisuda dipimpin langsung Rektor IAIN Kerinci, Dr Asa'ari, M.Ag Dalam sambutannya menyingung sikap moderasi beragama yang menjadi identitas kultural kampus demi terwujudnya insan akademik institusi yang memiliki pemahaman paripurna tentang prinsip-prinsip beragama, bermasyarkat, dan bernegara.

“Muara akhirnya, yakni peningkatkan soft skill mahasiswa dan alumni, khusus pusat moderasi beragama, tentu arahnya membantu insan-insan kampus yang moderat, yang paham prinsip-prinsip kehidupan beragama, bernegara, berbangsa dan bermasyarkat dalam negara yang majemuk ini”, ungkap Rektor dalam sambutannya.

Selain itu, Dirinya juga berpesan kepada mahasiswa untuk siap menghadapi era disrupsi digital yang sedang berkembang kedepan. Mahasiswa diharapnya mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan cepat kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang namun tetap dalam kerangka karakter dan akhlak Islami.

“Menghadapi era disruption ini, ada tiga kunci sukses yang harus saudara kuasai, yaitu critical thinking, komunikatif, kreatif, inovatif, kolaboratif, mampu bekerja sama, kemampuan literasi, moderasi beragama, dan literasi teknologi informasi, dan yang paling utama saudara harus mampu menampilkan karakter dan akhlak yang mulia dimanapun berada,” lanjutnya.

Acara ini dihadiri pula perwakilan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Prof. Dr. Sudirman M. Johan, M.A. sebagai tamu undangan yang turut melengkapi gelaran wisuda IAIN Kerinci tahun ini, dalam orasi ilmiahnya, beliau menekankan tentang kesadaran institusi lembaga pendidikan tinggi untuk menciptakan iklim ilmiah kampus yang muaranya menghasilkan produk manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kita bisa melihat beberapa lembaga perguruan tinggi, itu ada beberapa hal yang sangat penting, yang pertama merupakan sentra pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kedua adalah perlu meningkatkan sumber daya manusia, kemudian meningkatkan etos keilmuan dan budaya kerja”,terangnya.

Pada gelaran wisuda ke-5 ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 432 Tahun 2021, IAIN Kerinci melulusan mahasiswa sebanyak 738 orang, diantaranya 672 orang dari Program Sarjana (S1) dan 66 Orang dari Program Pascasarjana (S2) dari masing-masing Program Studi (Prodi) yang ada di IAIN Kerinci, rinciannya sebagai berikut:

Hukum Keluarga Islam 33 orang;
Hukum Ekonomi Syari’ah 51 orang;
Pendidikan Agama Islam 90 orang;
Manajemen Pendidikan Islam 26 orang;
Pendidikan Bahasa Arab 21 orang;
Tadris Bahasa Inggris 42 orang;
Tadris Biologi 116 orang;
Tadris Matematika 42 orang;
Tadris Biologi 116 orang;
Tadris Matematika 42 orang;
Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 25 orang;
Perbangkan Syari’ah 129 orang;
Ekonomi Syari’ah 73 orang;
Manajemen Dakwah 18 orang;
Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6 orang;
dan Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam 66 orang.

Sebagai informasi, seluruh prosesi acara pelantikan wisuda IAIN Kerinci ke-5 tahun 2021 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, juga setiap hadirin telah melakukan uji cepat Covid-19 dan melakukan vaksinasi.(qhy)