Breaking News

Dua Bulan Erupsi, Dudung : Jalur Pendakian Gunung Kerinci Masih Ditutup

Suarakerinci.id, KERINCI- Pos Pemantau R10 Kabupaten Kerinci memastikan hingga saat ini jalur pendakian Gunung Kerinci Masih tertutup.

Hal ini berdasarkan hasil koordinasi antar tiga instansi TNKS, PVMBG dan BPBD terkait pembukaan jalur pendakian Gunung Kerinci

"Banyak desakan dari pengusaha kuliner dan ekowisata agar gunung kerinci dibuka, kita tidak bisa kita hanya punya wilayah, untuk penetapan dibuka jalur pendakian bukan kewenangan kita,"ungkap Dudung, Petugas Pos Pemantau R 10.

Menurutnya, pertimbangan ditutupnya Gunubg Kernci, pihaknya telah melakukan pendakian ke Gunung kerinci pada ketinggian 3300 sampai puncak dengan pakai masker, namun masker tembus abu. oksigen belum layak digunung kerinci karena tercampur belerang terutama pada shelter tiga hingga puncak.

"Penurunan suhu kelembaban air turu banyak sisa debu. Selama dua bulan shelter tiga sampai puncak tidak diguyur hujan. Hal ini dibuktikan banyaknya abu dan dedaunan gosong,"sebutnya.

Menurutnya, erupsi gunung Kerinci tahun 2022 merupakan erupsi yang cukup lama yang memakan waktu sampai satu bulan. Bahkan pihaknya tidak bisa memastikan pembukaan jalur pendakian Gunung Kerinci hingga tahun baru nanti.

"Jika pun nanti ada rekomendasi pembukaan jalur pendakian gunung Kerinci, kita akan menerapkan tiga opsi, pertama membatasi jumlah pendaki, para pendaki wajib ada pendamping serta memperketat jalur pendakian, untuk menghindari membludaknya jumlah pendaki,"tegasnya.(qhy)