Breaking News

Tinggal Tiga Puskesmas di Kerinci yang Belum Terakreditasi

Suarakerinci.com, KERINCI - Dari 21 puskesmas yang ada di Kabupaten Kerinci, tinggal tiga puskesmas belum terakreditasi, ketiga puskesmas tersebut yakni puskesmas Simpang Tutup, Bukit Kerman dan puskesmas Muara Emat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal mengatakan tiga puskesmas yang belum mendapatkan akreditasi merupakan puskesmas yang baru dibangun. Sehingga untuk mendapatkan akreditasi harus menyiapkan kebutuhan puskesmas, baik tenaga medis, pelayanan dan lain sebagainya.

“Saat ini kami sedang menyiapkan kebutuhan tenaga medisnya. Ada sembilan tenaga medis pokok yang akan disiapkan, diantarnya tenaga dokter, perawat, bidan, labor, kesling, gizi, dan apoteker. Karena hal ini merupakan syarat dasar untuk bisa diajunya sebagai akreditasi puskesmas,”ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya ada peraturan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bahwa empat tenaga boleh dikontrak, sehingga satu tenaga dokter gigi boleh dipakai oleh empat puskesmas. Dengan adanya kemudahan ini, pihaknya menargetkan pada tahun depan, tiga puskesmas tersebut sudah bisa diajukan untuk mendapat akreditasi.

“Dengan adanya akreditasi tersebut maka akan ada pengakuan dari Kemenkes, bahwa masyarakat yang ada diwilayah setempat sudah mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar, baik dari segi tenaga medis, pelayanan dan lain sebagainya,"sebutnya.(per)