Breaking News

Hadiri Rakernas, Kadiskes Kerinci Berkomitmen Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat

Suarakerinci.id, KERINCI - Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal kembali menegaskan akan komitmen dari Dinkes Kerinci untuk terus meningkatkan pelayanaan kesehatan.

Komitmen tersebut telah tertanam di Dinkes Kerinci dan aparatur kesehatannya. Hal ini diperkuat dengan dukungan Kemenkes RI dengan koordinasi yang baik, seperti kegiatan rutin Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Kemenkes di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, yang dihadiri Kadiskes Kerinci pada Rabu (24/4). Rakernas dijadwalkan berlangsung 2 hari.

Kadis Kesehatan Kerinci, Hermendizal, dikonfirmasi menyampaikan bahwa Rakerkesnas Kemenkes Tahun 2024 ini merupakan pertemuan rutin yang dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta. Ini merupakan forum strategis yang dihadiri oleh seluruh dinas kesehatan provinsi/kabupaten/kota, RSUD, Bappeda provinsi/kabupaten/kota, Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Kemenkes, perwakilan kementerian/lembaga, dan para mitra pembangunan kesehatan lainnya dan Dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Pada kesempatan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin selaku ketua panitia akan menyampaikan laporan. Kegiatan Rakerkesnas pada 2024 ini mengambil tema “Transformasi Kesehatan: Melesat Menuju Indonesia Emas”," ungkapnya.

Dijelaskan Hermendizal bahwa, ada beberapa poin yang menjadi catatan penting kedepan dalam Rakerkesnas tersebut yakni Kementerian kesehatan menegaskan dalam memberikan  pelayanan kesehatan ke masyarakat, lebih mengutamakan promosi dan pencegahan, karena promosi dan pencegahan penyakit lebih baik dari pengobatan dan biaya nya pun jauh lebih murah.

"Untuk itu peningkatan pelayanan di Puskesmas , Puskesmas pembantu dan posyandu itu yang menjadi fokus pemerintah ke depannya, dengan tidak mengenyampingkan juga perbaikan pelayanan di RS," ucapnya.

Ditambahkannya bahwa, dengan di undang nya kepala BAPEDA pada Rakerkesnas tersebut, juga sebagai bentuk agar sinkron sampai di daerah untuk mendukung penganggaran di bidang kesehatan. karena kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat sesuai yang di tuang kan dalam undang undang yang harus menjadi tanggung jawab pemerintah baik pusat maupun daerah.

Dalam Rakerkesnas tahun ini juga, Kepala Dinas Kesehatan Kerinci mengajak semua kabid dan bagian program untuk mengikuti supaya semua nya mengerti dan bisa  menerapkan program Kemenkes ini sampai di daerah nantinya. "Nanti saya selaku kepala dinas kesehatan kerinci akan melaporkan hasil Rakerkesnas ini kepada Pj Bupati Kerinci Bapak Asraf SPt, MSi. dan saya sangat yakin Bapak Pj Bupati akan merespon hal ini dengan Positif," pungkasnya.(qhy)