Breaking News

Diresmikan Bupati, Jalan Simpang Tebat Jambi-Danau Duo Lempur Mudik Mulai Dilaksanakan

Suarakerinci.id, KERINCI- Setelah berbagai proses dan tahapan, akhirnya kerjasama antara Pemkab Kerinci dengan PT EDC dalam upaya peningkatan Jalan simpang Tebat Jambi-Danau Duo rampung dilaksanakan.

Selasa (12/9) bertempat di jalan Danau Duo Desa Lempur Mudik, Kecamatan Gunung Raya Pemkab Kerinci dan PT EDC dihadiri langsung Bupati Kerinci, H Adi Rozal meresmikan peningkatan jalan simpang tebat jambi-danau duo.

Hadir dalam keeemparan tersebut, Ketua DPRD Kerinci, Kepala KPHP, Kepala OPD lingkup Pemkab Kerinci, serta pemerintah desa dan tokoh adat, tokoh masyarakat serta masyarakat dalam Kecamatan gunung raya.

Kepala Dinas PUPR Kerinci, Maya Handayani dalam sambutannya mengatakan pekerjaan peningkatan jalan simpang tebat jambi-danau duo dilaksanakan Dinas PUPR, didasarkan kerjasama Pemkab Kerinci dengan PT EDC.

"Jalan simpang empat danau duo, masuk dalam hutan produksi. Pemkab Kerinci mendapatkan persetujuan penggunaan kawasan hutan produksi dan telah mengantongi amdal, sehingga dalam waktu dekat segera dilaksanakan,"sebutnya.

Dikatakannya, pemanfaatan hutan produksi yang disetujui dalam upaya pembukaan dan rehabilitasi jalan dengan lebar 6 meter dengan panjang 4,6 Kilometer.

"Untuk tahap awal pekerjaan berbentuk pembersihan dan pengerasan, lebar jalan 6 meter dengan panjang 4,6 kilometer. Diperkirakan waktu yang dibutuhkan 2 Bulan, kita akan menempatkan personil teknis seperti operator dan pengawas,"terangnya

Sementara itu, Bupati Kerinci, H Adi Rozal menjelaskan pada tahun 2019 lalu pihak PT EDC  mendatanginya untuk membuka dua jalur di lempur hingga jangkat. Meminta pembukaan dua jalur ke lokasi Perusahaan Panas Bumi.

"Tapi saya menolak, saya mengusulkan jalannya satu jalur hingga jalannya tembus jangkat. Kita juga mengusulkan jalan ini akan tembus ke sarolangun, sehingga akses jalan ke sarolangun tidak susah,"sebutnya.

Jalan ini, lanjutnya bisa menjadi jalan alternatif Kerinci ke Jambi, sehingga jarak tempuh ke Jambi bisa lebih singkat. Upaya Pemkab Kerinci mendapatkan dukungan dari Provinsi Jambi, sehingga jadi lebih membantu transportasi Kerinci-Jambi yang saat ini masyarakat dikeluhkan dengan kemacetan jalan di Jambi.

"Jalan ini juga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Jalan yang bakal dibangun bukan menggunakan uang negara, semua murni dari PT EDC,"jelasnya.

Dikatakannya, semua pihak harus bisa mendukung kegiatan ini. Karena tidak mudah memperjuangkan jalan ini, karena harus minta izin kepada Kementerian Hutan dan LH.

"Jangan sampai karena ulah kita izin pembangunan di cabut dari Kementerian Hutan dan LH. Jadi harus didukung, karena ini sangat menguntungkan masyarakat sini, terutama harga tanah akan meningkat. Mari kira dukung pelaksanaannya,"tegasnya.

Sementara itu, Tokoh adat Lempur Mudik, Suryadi berterima kasih dan bersyukur akan jalan ini, bahkan dampak dari segi ekonomi sudah jelas. Bahkan, bisa dikatakan Bulan ini jalan bisa dilawati mobil jenis matic.

"Sebelumnya mobil gardan dua yang bisa naik, nanti bisa gunakan. Terima kasih kepada Pemkab Kerinci dan PT EDC atas pembangunan jalan ini,"tutupnya (qhy)