Breaking News

Bupati Kerinci Apresiasi Kolaborasi Pemkab dan IAIN Kerinci dalam Program Kampung Zakat

Suarakerinci.id, KERINCI- Momentum MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Kerinci, Minggu (24/9) menjadi wadah bagi Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk berkolaborasi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci dalam peluncuran program Kampung Zakat." Dengan tema "Membangun Kampung Zakat Terpadu Menuju Masyarakat yang Rukun dan Sejahtera Melalui Model Pengabdian Masyarakat IAIN Kerinci.

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asaari, M.Ag yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Halil Khusairi, M.Ag, menekankan pentingnya setiap desa membangun "Kampung Zakat Terpadu" sebagai langkah menuju masyarakat yang rukun dan sejahtera.

"Program Kampung Zakat ini menjadi model pengabdian masyarakat yang inovatif dan berpotensi memberikan dampak positif yang signifikan," Ungkapnya.

Dia juga memberikan dukungannya untuk inisiatif dalam membangunkan program kampung zakat ini.

Kolaborasi antara IAIN Kerinci dan Pemerintah Daerah. Kakankemenag! BAZ dalam program "Kampung Zakat" ini diresmikan saat peluncuran ini yang berlangsung pada pembukaan MTQ tingkat Kabupaten pada tanggal 24 September 2023.

Sementara itu, Bupati Kerinci, H Adi Rozal menyambut baik gagasan dan pemikiran Ustadz Muhammad Nur. MA. (Ka. Biro AUAK IAIN Kerinci yang sedang mengikuti PKN TK II angkatan XVI tahun 2023 yang dilaksanakan oleh LAN) untuk mewujudkan "Kampung Zakat" atau desa zakat.

"Pendekatan ini memungkinkan orang untuk berzakat secara berkala, seperti menabung. Setiap kali ada panen kentang, cabe, kopi, kayu manis, dan lainnya, sebagian langsung dialokasikan untuk zakat," katanya.

Hal ini sama berlaku untuk pengusaha dan bahkan PNS/ASN Kabupaten Kerinci, yang dapat melakukan potongan zakat langsung dari gaji bulanan mereka.

"Melalui program "Kampung Zakat," penerima zakat juga akan mendapat dukungan untuk menjadi pembayar zakat, menciptakan lingkaran kesejahteraan yang berkelanjutan," sebutnya.(qhy)