Breaking News

Warga Paling Serumpun Tolak Pembangunan TPS3R Dibangun di Atas Tanah Pemakaman

Suarakerinci.id, Sungaipenuh - Bangunan TPS 3R yang merupakan 'Pilot Proyek' Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh, Ahmadi Zubir - Alvia Santoni, warga merasa kecewa bahwa bangunan TPS3R di Desa paling Serumpun didirikan di atas tanah yang di peruntukan pemakaman umum. Ini telah terjadi di Kecamatan Hamparan Rawang.

"sebelumnya, sempat mendapatkan protes dari warga untuk pembagunan TPS 3R, Sebab tanah yang dibangun Pembangunannya  itu diperuntukkan pemakaman warga" ujar sumber yang namanya tidak mau dicantumkan kepada wartawan.

Menurutnya lagi, saat mulai dilakukan pembangunan, tidak ada keterbukaan dari Kades dan aparatur Desa bahwa tanah untuk pemakaman umum tersebut akan dijadikan lokasi TPS  3R.

"Saat akan dimulainya pembangunan TPS 3R warga sendiri tidak tahu. Saat ditanya warga kepada Kades dan kades menjawab akan dibuat kolam ikan. Tapi, warga terkejut, saat pembangunan malah berdiri TPS 3R. Makanya, ketika itu terjadi demo warga Paling Serumpun," ujar sumber

Dijelaskannya, tanah pemakaman umum tersebut dibeli oleh Desa melalui Anggaran Dana Desa (ADD). 

"Bagus sebenarnya, tujuan awal tanah itu untuk pemakaman umum, walaupun sekarang belum digunakan. Namun, pemikiran warga ini digunakan untuk kedepannya," terang sumber

Kades Paling Serumpun Bopi Saputra membantah bahwa tanah yang digunakan untuk bangunan TPS 3R diperuntukkan bagi pemakaman umum masyarakat Desa yang dibeli melalui ADD.

"Tanah itu adalah tanah Desa, jadi untuk apa saja boleh dibangun. Tidak hanya untuk pemakaman saja, kalau mau untuk pemakaman bisa dibelakang bangunan TPS 3R dan itu sudah di jelaskan kepada masyarakat dalam pertemuan lalu," kata Kades saat dihubungi melalui telepon whatapps yang sekarang mengaku sedang melakukan rapat Stunting di kantor Walikota Sungai Penuh, Senin (26/9/2022). (Yd)